Prosiding / 2014BDP / PN-16

KANDUNGAN TOTAL KAROTENOID DAN KUALITAS WARNA IKAN MAS KOKI (Carrasius auratus) YANG DIBERI PAKAN DENGAN SUPLEMENTASI TEPUNG BUNGA MARIGOLD (Tagetes erecta)

Sukarman1, Rina Hirnawati1, Agus Priyadi1 dan Dimas Martha Kusuma2

1 Peneliti di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok 2 Alumni Fakultas Perikanan Universitas Pajajaran Bandung

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek penambahan tepung bunga marigold dalam pakan terhadap kandungan total karotenoid pada jaringan tubuh dan kualitas warna benih ikan mas koki (Carassius auratus) strain oranda. Penelitian ini menggunakan benih ikan mas koki strain oranda yang diberi tepung bunga marigold sebesar 0%, 0,5%, 1% , 1,5% dan 2% dalam pakan selama 60 hari. Total karotenoid pada kulit, sisik, daging dan ekor ikan dianalisis pada akhir penelitian menggugunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 380, 450, 475 dan 500 nm. Kualitas warna ikan diamati setiap 10 hari sekali menggunakan kolorimeter (Minolta Croma CR-400) untuk memperoleh nilai lightness (kecerahan), chroma (kepekatan) dan hue (jenis warna). Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi penambahan tepung bunga marigold dalam pakan maka semakin tinggi pula kandungan total karotenoid pada jaringan tubuh ikan dan kualitas warna ikan semakin meningkat. Total karotenoid pada kulit, sisik, daging dan ekor tertinggi diperoleh dari perlakuan 2% tepung bunga marigold dengan nilai berturut-turut sebesar 112,61 mg/kg, 77,82 mg/kg, 27,77 mg/kg dan 197,44 mg/kg. Kualitas warna ikan terbaik diperoleh dari perlakuan 2% tepung bunga marigold dengan nilai lightness, chroma dan hue sebesar 67,81%, 63,84% dan 76,13 derajat. Rekomendasi optimal penggunaan tepung bunga marigold dalam pakan adalah sebesar 1,58%.

Kata kunci : karotenoid, koki, marigold, warna